Jangan mengeluh

Konon, manusia itu diciptakan dengan sifat berkeluh kesah dan kurang bersyukur. Dan kononnya lagi, itulah kodratnya manusia. Namun, menurut hemat saya sebagai penulis😀 itu pun bukan harga mati. Allah SWT telah memberikan petunjuk dan nasihat melalui dien Islam agar kita bisa mengikis 2 sifat tersebut.

Bila kita pahami dan renungkan, ketika orang di depan atau di sebelah kita mengeluh, pancaran energi negatiflah yang akan kita terima. Energi itu membuat kita was-was, galau atau menjadi khawatir. Jadi, mengeluh itu memang percum tak bergun. Alias percuma dan tak berguna. Tidak mendatangkan apa-apa, tidak memberikan mukjizat apa-apa, tidak mengatasi masalah, malah menambah beban pikiran kita. Betul nggak?

Mengeluh tidak akan mengatasi masalah, malah menambah masalah. Jadi, dari pada mengeluh, lebih baik carilah solusinya. Ya, kita diciptakan untuk berpikir, berpikir untuk mengatasi masalah. Berpikir agar ada jalan keluar. Bukankah begitu?

Kalau setuju, segera tinggalkan komentar di bawah ini he he. Lagi mood nulis nih, karena dapat inspirasi tentang “mengeluh“. Good night, selamat malam friends!