Cara Melindungi Flashdisk dari Virus

Tutorial kali ini adalah tentang cara melindungi flashdisk anda dari serangan virus. Sudah dimaklumi, bahwa virus mudah sekali menginfeksi flashdisk anda. Melalui flashdisk ini pula, virus menjadikannya sebagai media untuk menginfeksi komputer lain. Penyebarannya seperti endemi. Cepat sekali.

Untuk melindunginya, anda dapat menggunakan aplikasi yang bernama USB Drive Protector ++ yang dibuat oleh Hanif Rahmawan. Download filenya disini : http://www.softpedia.com/progDownload/USB-Drive-Protector-Download-192058.html.  Cara kerja aplikasi ini adalah melindungi  melalui file dummy dan memanipulasi registry. Ukuran isntallernya sangat kecil, hanya 312KB.

Cara instalasinya:

1.  Download terlebih dahulu file aplikasinya. Setelah di donlot, tancapkan flashdsik yang hendak diprotek. Salin file hasil donlotan anda di flashdisk terlebih dahulu. Lihat contoh gambar di bawah ini.

2. Langkah selanjutnya jalankan aplikasi UDP++, maka akan anda jumpai tampilan sebagai berikut :

3. Klik pada tombol Create Dummy File, tunggu sampai beberapa menit. Tahan dan sabar mas broo🙂 Setelah berhasil, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini :

4. Alhamdulillah. Berhasil. Kemudian klik tombol OK. Setelah kita klik, maka akan muncul tampilan dengan gambar gembok terkunci (status : Protected).

Kini, flashdisk anda sudah aman ditancapkan dimana saja. File apapun yang anda kopi ke flasdisk akan ditolak. Termasuk virus. Kelemahannya adalah data dalam flashdisk tetap dapat dihapus atau diformat.

Untuk membuka proteksinya sangatlah mudah. Panggil lagi aplikasi UDP++. Kemudian klik tombol Delete Dummy file. Oke mas Bro?

Selamat mencoba.

One thought on “Cara Melindungi Flashdisk dari Virus

Comments are closed.