Tips Memperbaiki Komputer Sendiri for Beginner #1

cara service kompuiter sendiri di rumah
Jeroan casing dengan cabling yang sangat baik (rapi)

Tips memperbaiki komputer sendiri for Beginner adalah artikel berseri yang akan insya Allah akan menuntun anda untuk bisa memperbaiki komputer di rumah.

Artikel ini merupakan sharing penulis berdasarkan pengalaman sehari-hari yang bergelut dalam jasa repair/service komputer. Semoga bisa memberikan manfaat🙂.

Langkah pertama yang perlu ditanamkan adalah keberanian. Jangan berasumsi dulu bahwa jeroan casing komputer itu rumit, sebenarnya strukturnya sangat sederhana. Jika anda pernah membuka casing komputer sepertinya memang terlihat rumit karena berseliwernya kabel. Padahal tidak serumit yang dibayangkan.  Bagi saya pribadi, memperbaiki komputer jauh lebih mudah daripada memperbaiki perangkat elektronik seperti televisi atau radio.

Servis atau perbaikan komputer tidak memerlukan solder, dan tidak ada penggantian komponen-komponen kecil seperti transistor, elco atau resistor. Penggantiannya adalah per modul. Misalnya mainboaard, prosesor, memory, hardisk, dan power supply.

komponen yang paling rawan rusak adalah power supply, disusul memory dan terakhir mainboard. Ketiga komponen tersebut sering mati karena pengabaian pemilihan kualitas komponen waktu merakit komputer. Banyak power supply yang terpasang adalah power supply murah di bawah Rp 100.000,-  Demikian pula dengan memori dan mainboarnya. Karena memang kita cenderung berorientasi pada harga murah dibandingkan kualitas.

Ini adalah artikel pemanasan dulu. Artikel selanjutnya adalah persiapan apa saja yang diperlukan sebelum memulai memperbaiki komputer sendiri di rumah.

Ikuti terus update blog ini, Insya Allah kita lanjutkan di artikel selanjutnya😀

— Image source >>  http://www.gadgetgrid.com

2 thoughts on “Tips Memperbaiki Komputer Sendiri for Beginner #1

  1. Jamil

    Bisa diberikan widget kategori ndak pak? soalnya saya merasa kesulitan untuk menelusuri isi blognya..

Comments are closed.