Adu Cepat Google vs Twitter

Judulnya gahar sekali🙂 . Adu cepat ini hanyalah benchmark dari saya sendiri. Ceritanya cuma ingin tahu saja, siapa yang paling cepat menghidangkan informasi di depan mata.

Anda tentu sudah mahfum, aktifitas searching atau googling di internet sudah jamak dilakukan. Intinya adalah mendapatkan informasi yang dibutuhkan secara cepat dan akurat. Tentu di benak anda Google adalah tool yang paling tepat. Tidak ada lainnya.

Saat ini dominasi Google sebagai mesin pencari belum terkalahkan. Rivalnya adalah situs sosial media seperti Facebook atau Twitter. Saya tidak tahu apakah situs sosial media merupakan rival atau bukan, karena  keduanya beda kelamin, yang satu search engine, satunya lagi sosial media.  Tuntutannya hanyalah siapa yang bisa menyajikan informasi yang tepat, cepat dan akurat.

Ini adalah cerita saya pribadi. Kemarin, hari Selasa, saya berangkat ke Purwokerto. Tujauannya mencari toko service laptop paling handal di Purwokerto. Informasi saya gali di twitter. Saya tanyakan kepada salah satu akun twitter yang mewakili kota tersebut, yakni @infopurwokerto.

Sayang sekali, mentionnya tidak secepat yang saya kira. Mungkin karena kesibukan si pemilik akun, atau memang tidak ada informasi dari followernya, jawaban yang diberikan tidak kunjung muncul. Padahal saya butuh infonya saat itu juga.

Pada akhirnya dan ujung-ujungnya, Google lah yang tetap menjadi andalan saya. Walaupun informasinya tidak sesuai yang saya butuhkan. Tapi bisa hadir dengan cepat dalam hitungan detik.

Dalam benak saya, andaikan si pemilik akun atau followernya lebih responsif, tentu saya lebih percaya dengan mereka. Karena bagaimana pun, informasi dari personal langsung lebih bisa dipercaya dan akurat dibandingkan result yang disajikan oleh mesin pencari.

Saya pikir ini hanya masalah waktu saja.  Saya yakin, Twitter bakal menjadi lawan tangguh Google dalam hal penyajian informasi tercepat dan ter-akurat. Oleh sebab itu, Google pun telah menghadirkan senjata barunya, yakni Google Plus. Mampukah Google Plus ikut menikmati kue FB / Twitter di ranah social media?  Kita tunggu saja😀 .