Inilah tindakan sepele yang bisa meledakkan sesuatu

Banyak hal sepele yang kita anggap remeh namun memiliki daya ledak nan eksplosif baik untuk diri kita sendiri maupun orang lain. Banyak dari kita yang tidak menyadari itu. Tindakannya sepele, ringan, minim modal namun efeknya luar biasa.

Contohnya: senyum kita kepada orang lain adalah wujud kepedulian kita kepada mereka. Senyum adalah cara lain berbagi kebahagiaan. Contoh lain, pujian-pujian kecil untuk istri misalnya. Hanya memuji istri kita cantik, membuatnya senang setinggi langit. Efeknya adalah dia mau melakukan apa pun untuk suaminya. Do anything, dengan tulus tentunya.

Hal kecil lainnya adalah sedekah. Sedekah itu termasuk pekerjaan ringan (bila kita ada rizki cukup dan mau). Namun efek baliknya berlipat-lipat. Demikian pula dengan zikir dan istighfar. Bila dilakukan rutin merupakan obat penenang hati yang paling mujarab.

Membantu mereka yang sedang kesulitan, membantu teman adalah hal sepele yang membuat hidup lebih hidup. Inputnya saya kira tidak perlu ditanya lagi. Kekerabatan pasti akan bertambah.

Sesuatu yang kita berikan kepada orang lain tidak akan terbuang sia-sia. Hukum imbal balik; aksi reaksi selalu berlaku. Kata wak Haji, tidak akan jatuh miskin orang yang banyak memberi.