Bayar lebih Mahal tidak masalah! Asal ….

Sampai saat ini, bus patas Efisiensi yang melayani jurusan Purwokerto Jogja dan Cilacap Jogja masih merupakan satu-satunya bus patas yang cukup nyaman. Maklumlah, karena saya tinggal di kota kecil, layanan bus patas tidaklah banyak. Beda bagi anda yang tinggal di kota besar.

Dulu, sewaktu saya masih sering bolak-balik Jogja, bus patas belum ada yang beroperasi. Satu-satunya bus andalan yang cukup nyaman adalah bus Aman (AC Ekonomi). Bus ini adalah bus favorit saya. Namun hingga saat ini saya jarang sekali melihat bus ini beroperasi.

Menyusul kemudian muncul bus Raharja dan Mulyo yang merintis sebagai Bus Patas pertama yang melayani jurusan Purwokerto Jogja. Namun, sayangnya bus ini tidak bertahan lama. Saya hanya melihat dari sisi pelayanan yang tidak maksimal, sebagai bus patas yang tarifnya lebih mahal dari bus ekonomi biasa, layanannya tergolong biasa saja. Bodi bus-pun terlihat hanya dipermak. Mesinnya meraung kasar, sehingga kalau dinaiiki tidak ada bedanya dengan naik bis ekonomi biasa. AC-nya pun hanya setengah hati, kadang panas, kadang dingin🙂 .

Akhirnya tamatlah bus-bus tersebut digilas dengan PO bus baru Efisiensi. Bus ini langsung saja mengambil semua bolong-bolong (kekurangan) bus patas lama tersebut. Saya pikir Efisiensi sudah lama melihat celah dan segmen pasar yang belum tergarap maksimal ini. Dan di akhir cerita Efisiensi-lah yang menjadi pemenangnya.

Kini, PO bus ini benar-benar berada dalam blue ocean area, praktis melenggang bebas tanpa satu pesaing pun. Tarifnya sebanding dengan layanannya. Penumpangnya pun tidak pernah sepi, selalu saja rata tempat duduk. Kelebihan lainnya adalah ketika sampai di pos terakhir (Jogja misalnya) telah disediakan minibus yang siap mengantar tujuan ke dalam kota terutama kampus dan ikon-ikon kota lainnya, dan yang lebih sip lagi …. gratiss!

Mungkin keinginan saya sama dengan yang lainnya. Tarif lebih mahal bukanlah masalah, asalkan nyaman dan aman dalam perjalanan. Anda punya pengalaman menarik lainnya? Atau malah pengalaman buruk yang anda dapat?😀

One thought on “Bayar lebih Mahal tidak masalah! Asal ….

  1. eftro

    Skrg saya sedang melaju ke Jogja. Krn dr pemalang selatan saya mmutuskan utk turun di Sokaraja. Tanya tiket ke agen effisiensi pada jam 8.45 dan Bus yg kosong ada jam 10.30. Saran bagi yg pengen mnggunakan jasa PO. Efisiensi alangkah baiknya booking tiket dulu via phone. Bagi pengusaha bus There are cookies @ purwokerto..

Comments are closed.