Mengapa Kita Harus Punya Blog?

Membuat blog itu mudah. Banyak sekali layanan blog yang tersedia saat ini. Saya yakin anda sudah tahu WordPress.com, Blogspot atau Multiply. Kurang lebih dibutuhkan waktu sekitar 5 menit untuk membuat blog. Kalau anda kesulitan cobalah ketik di Google : “Cara Membuat Blog“. Ribuan hasil pencarian akan tersedia di depan mata🙂 .

Ada yang bilang bahwa blog adalah tren sesaat, saya pikir itu memang benar, tapi tidak 100% benar. Masih banyak yang bisa bertahan nge-blog karena sebegitu pentingnya blog bagi mereka.  Blog memang telah kalah dengan jejaring sosial seperti Facebook maupun Twitter. Tetapi, tentu saja blog tetap memiliki kelebihan dibanding situs jejaring sosial  tersebut. Bagi yang terbiasa nge-blog, tidak bisa dipungkiri bahwa blog dan media sosial adalah bersaudara🙂 .

Inilah beberapa manfaat Blog yang bisa saya torehkan :

  1. Blog sangat bermanfaat sebagai media promosi murah bagi anda yang memiliki bisnis/usaha (UKM/UMKM).
  2. Blog bisa digunakan sebagai sarana Personal Branding. Di ranah maya atau dalam bisnis online, blog sangat efektif untuk menjual keahlian/kemampuan anda kepada orang lain (selling your expertise).
  3. Blog bisa digunakan sebagai sarana untuk mengasah kemampuan menulis. Jadi, kalau anda pengin belajar menulis, mulailah nge-blog🙂.
  4. Blog bisa digunakan sebagai sarana aktualisasi diri, ini sangat erat kaitannya dengan point nomor 2 tadi.
  5. Blog adalah catatan harian dari kata Web Log. Dengan mencatat aktifitas anda sehari-hari paling tidak bisa membuang jenuh (stress) karena aktifitas sehari-hari.

Masih banyak kelebihan blog lainnya yang belum saya catat disini. Menurut hemat saya kalau anda seorang pemilik usaha, memiliki blog itu sangat penting🙂 . Banyak sekali manfaat yang bisa dipetik.