Inilah Spesifikasi Komputer Murah untuk Berinternet di Rumah

Kebutuhan akan akses internet bagi masyarakat semakin besar. Apalagi untuk anak sekolah. Banyak tugas-tugas sekolah yang diharuskan mengambil sumbernya dari internet. Kadang hal ini membuat orang tua kerepotan. Anak jadi sering keluar rumah untuk pergi ke warnet, belum lagi biaya akses internet setiap harinya, coba dikalkulasi selama satu bulan🙂 .

Adalah sebuah solusi bijaksana kenapa tidak menyediakan komputer di rumah yang dilengkapi dengan akses internet. Orang tua bisa mengontrol aktifitas internet anak dan anggota keluarga lainnya pun bisa memakainya.

Terus terang saya merekomendasikan untuk memilih sebuah perangkat  komputer daripada sebuah notebook atau netbook. Alasan pertama adalah ukuran layar monitor yang lebih lega sehingga nyaman untuk bekerja. Keduanya, komputer itu tidak egois karena siapa saja bisa menggunakannya.  Ketiganya adalah harga yang lebih murah dibanding harga sebuah notebook. Keempatnya, berdasar pengalaman, komputer dan notebook dengan spesifikasi yang sama kinerjanya lebih cepat komputer. Kelimanya, penggantian sparepart komputer (bila terjadi kerusakan) tidak semahal sparepart notebook. Jadi bisa menghemat anggaran rumah tangga bulanan🙂 . Keenam, berkomputer di dalam rumah lebih nyaman daripada di luar rumah.  Lebih konsen, lebih tenang dan lebih nyaman. Artinya kalau dilihat dari sisi pekerjaan lebih produktif. Nah, untuk kelemahannya itu cuma satu, yaitu tidak bisa dibawa kemana-mana😀 .

Itulah 6 alasan kenapa saya menyarankan memilih sebuah PC (Personal Computer) daripada sebuah notebook.  Untuk spesifikasinya, inilah spek komputer yang saya rekomendasikan. Spek komputer ini cukup untuk kebutuhan berinternet dan menjalankan applikasi office di rumah.

  • Prosesor menggunakan Intel Atom Single Core + Mainboard Intel.
  • Memory DDR2 1GB
  • Hardisk 320GB Sata
  • DVDRW LG/Samsung
  • Casing Ersys Basic
  • LCD Monitor 15.6″ Acer
  • Keyboard Mouse Standard
  • Speaker aktif

Anggaran yang dibutuhkan maksimal Rp 2.6 juta. Kemudian untuk modemnya bisa menggunakan merk Huawei seri E1550 atau E160, modem ini direkomendasikan karena kemudahan instalasinya, sudah mendukung OS Win 7 serta mudah dideteksi di Linux. Harga modem di kisaran Rp 350rb belum termasuk pulsa. Kalau anda berlokasi jauh dari BTS sehingga penangkapan sinyal lemah cobalah gunakan antenna luar untuk modem GSM/CDMA. Penggunaan antena cukup signifikan untuk menambah kekuatan sinyal.

Oh iya, ada tips tambahan, kalau listrik di rumah tidak stabil coba gunakanlah UPS atau Stabiliser yang bagus jenis Servo. Tindakan preventif ini akan membuat komputer anda lebih awet, karena musuh nomor satu komputer adalah supply listrik/tegangan yang tidak stabil😀 .

Itu dulu tips dan rekomendasi dari saya. Semoga bermanfaat !

5 thoughts on “Inilah Spesifikasi Komputer Murah untuk Berinternet di Rumah

  1. Pingback: Inilah Spesifikasi Komputer Murah untuk Berinternet di Rumah … - Iklan Baris Gratis Tanpa Pendaftaran

    1. onokarsono

      Pulsa termurah pake bulanan saja, pake 3 (three), kuota 1Gb only Rp 38.500,- Kalo sinyalnya lemah gunakan saja antena grid.

    1. Ono Karsono

      Sekarang sdh banyak pilihan internet dari operator seluler, wkt artikel ini ditulis kebetulan baru 3 yg paling stabil dipake, tp kini sdh muncul jaringan broadband di daerah seperti telkomflash dan smartfren. Banyak pilihan Gan.

      Pake netbook bisa jadi lebih stabil, tapi untuk kenyamanan bekerja, layarnya koq terlalu kecil ya? Thx ya atas kunjungannya🙂

Comments are closed.