Tips Berinternet Aman dan Nyaman (Versi Saya)

Sampai saat ini saya masih khawatir untuk berselancar menggunakan OS Windows. Saya sudah menggunakan Anti Virus Kaspersky berbayar di Notebook saya. Tetapi tetap saja rasa khawatir itu tetap ada. Karena seringnya berselancar, terkadang dalam mengakses sebuah web sering muncul warning dari Kaspersky kalau ada exploit atau backdoor mencoba masuk. Saya merasa sepertinya ada serangan bertubi-tubi yang mencoba menyusup/mengintip notebook saya.

Repotnya lagi kalau PC/Notebook kita sering keluar masuk flashdisk, bersiap-siaplah kemasukan virus lokal🙂 . Tentu saja keselamatan data bisa terancam.  99% kerusakan software di PC bisa dipastikan adalah karena ulah virus. Banyak  yang pusing gara-gara virus, data hilang atau data ter-hidden adalah kasus yang jamak terjadi. Kalau sudah begini kelancaran pekerjaan tentu terganggu.

Akhirnya untuk berjaga saja, saya instal OS kedua dengan menggunakan Linux distro Ubuntu.  Kalau dari kenyamanan pemakaian tentu masih enak Windows, tapi kalau dari segi keamanan, saya masih condong ke Linux. Dan saya merekomendasikan anda untuk menggunakannya sebagai OS kedua. Yah, menurut saya more safety-lah.

Sekedar tambahan, OS Linux terkini terutama distro Ubuntu semakin mudah dipakai Gan. Untuk urusan Office Suite sudah tersedia Open Office yang setara dengan Microsoft Office. Untuk urusan printer, cobalah gunakan printer HP. Printer HP ini langsung terdeteksi alias plug ‘n play di Linux. Kemudian untuk urusan modem, modem usb terkini seperti Huawei atau ZTE sudah banyak yang didukung di Linux. Saya sendiri menggunakan modem ZTE MF626, dengan mudahnya modem ini langsung terdeteksi.

Linux juga sangat kaya dengan aplikasi gratis, terutama aplikasi untuk berselancar. Kalau di Ubuntu ada yang namanya Ubuntu Software Center, ini yang membuat instalasi software semakin mudah, apalagi kalau anda memiliki koneksi internet bagus. Dalam beberapa menit, software langsung terinstal otomatis di PC anda.

Silahkan dicoba Gan, jangan ambil resiko dengan data anda! Bukannya saya menakuti, tapi sekedar memperingatkan😀 . Happy surfing!

One thought on “Tips Berinternet Aman dan Nyaman (Versi Saya)

  1. Pingback: Akses Internet Murah di Daerah – sebuah Trend dan Peluang Usaha Menarik | Onokarsono's Weblog

Comments are closed.