Esemka, Mobil Nasional yang patut Diapresiasi!

Kehadiran Mobil Nasional Esemka adalah hal yang patut dibanggakan. Sudah selayaknya produk dalam negeri didorong dan diberi dukungan oleh masyarakat Indonesia, sehingga kita tidak selalu bergantung kepada produk luar negeri.

Saya sendiri tidak bisa memprediksi apakah produk mobil dalam negeri ke depan akan laku dibeli oleh masyarakat sendiri mengingat brand/merk luar sudah sangat mapan di mata masyarakat Indonesia. Ditambah perilaku konsumen kita yang sangat membanggakan produk luar negeri.

Memang  dari sisi prestise sudah berbeda. Parameter kecil tentang prestise ini saya lihat dalam komentar jenaka yang masuk dari pembaca di detikOto, bunyinya begini “layak nggak untuk diajak Kondangan?” Menggelikan memang komentarnya, tapi saya pikir ini adalah sesuatu yang realistis.

Beberapa catatan saya agar produk ini layak dipertimbangkan oleh masyarakat kita adalah sebagai berikut :

Esemka musti memiliki target market yang jelas (segmentasi pasar). Keduanya adalah  jangan sampai proyek ini dibuat grusa-grusu (tergesa-gesa) sehingga kesannya dipaksakan. Ketiganya adalah diperkuat di after sales dan spare part. Poin ketiga inilah yang penting. Kepercayaan konsumen sangat berpengaruh di tingkat layanan ini, jadi tidak asal diproduksi, tapi disertai juga dengan dukungan purna jual yang baik berupa ketersediaan spare part dan jaringan service yang luas. Keempatnya adalah dari sisi pricing, jangan sampai karena produk new entry harganya koq hampir sama dengan produk merk mapan atau boleh dibilang kurang realistis.

Semboyan “SMK Pasti Bisa” mudah-mudahan terealisasi dalam bentuk proyek Mobnas ini,  asal didukung oleh kemauan baik dan kuat dari para stakeholdernya dan juga dukungan dari masyarakat luas, mudah-mudahan produk ini bisa diserap dan dipercaya masyarakat Indonesia. Kalau tidak dimulai dari kita siapa lagi?

5 thoughts on “Esemka, Mobil Nasional yang patut Diapresiasi!

  1. Ini mobil bikinan anak2 SMK Mas? Hebat. Salut beneran. Merealisasikan menjadi produk masal mungkin memang tantangannya jauh lebih besar lagi, tapi langkah pertamanya seperti ini ya jelas ke depannya lebih prospektif lah.

    Entah didengar atau tidak, sebagai seorang anak bangsa saja, saya ingin menyampaikan penghormatan setinggi-tingginya terhadap guru mereka.

    1. onokarsono

      Iya betul mas, saya juga ikut salut kepada mereka siswa SMK dan guru2 nya. Mudah2 an bisa terus maju projek mobnas ini.

  2. Muhammad Sudarno

    Bravo……bravo saya inget waktu smp dulu, guru saya bilang indonesia baru maju kalau orang kita sudah bisa dan mau pakai motor, mobil bikinan anak bangsa, seharusnya negara turun tangan contoh india, china mereka bisa maju, apalagi china bentar lagi jadi negara super power industri.

Comments are closed.