hidup sederhana itu indah

Beberapa hari ini saya berusaha mengaplikasikan pola hidup sederhana. Sederhana bagi setiap orang tentu berbeda, parameter anda dan saya pasti berbeda. Bagi saya, sederhana itu adalah sesuatu yang sangat indah. Hidup adalah untuk dinikmati dengan merengkuh sebanyak mungkin kualitas, bukan kuantitas.

Faktanya, dari hari ke hari hidup terasa semakin berat saja, banyak tuntutan dan crowds dalam hidup ini. Kesuksesan bukan lagi diukur dengan kenyamanan dan kebahagiaan hidup, tapi diukur dengan banyaknya materi. Dan kita selalu berburu dan berlomba untuk memenuhi segala tuntutan hidup tersebut. Permainan yang tidak ada akhirnya.

Akhirnya, hidup memang harus dikembalikan ke asalnya.  Saya pikir, hidup sederhana adalah solusinya. Landasan hidup sederhana versi saya adalah sebagai berikut :

  1. Berusaha hidup berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan dan nafsu.
  2. Menyederhanakan kehidupan dengan melakukan yang terbaik untuk hari ini. Decision maker ada pada Yang Diatas. Saya berusaha untuk tidak merisaukan hari esok karena ini bukan wilayah dan wewenang saya.
  3. Ikhlas untuk menerima segala takdir dan kuputusan Yang Diatas, bukan berarti tidak ada usaha, do the best untuk hari ini.

Bagaimana dengan Anda?

3 thoughts on “hidup sederhana itu indah

Comments are closed.