Bagaimana Cara Cari Duit di Internet?

Inilah topik menarik yang tak akan lekang dimakan waktu, khususnya untuk newbie atau netter baru. Orang sering berpikiran bahwa internet itu bisa apa saja. Tidak ngapa-ngapain pun duit bisa datang sendiri. Nah, inilah mindset salah yang harus segera diluruskan. Internet itu hanya sekedar jalur akses saja yang menghubungkan anda dengan orang di seluruh dunia secara murah dan cepat. Selebihnya adalah kemampuan anda sendiri untuk bisa mengeksplorasi energi yang ada di dalamnya secara maksimal. Jadi, daya upaya anda-lah yang paling penting (who’s the man behind the gun).

Bagaimana cara mengeksplorasinya? Tentu berbagai macam cara bisa dilakukan. Yang paling gampang adalah menjual produk anda sendiri. Ini adalah basic bisnis di internet yang paling ideal menurut saya. Karena kita memegang kendali atas produk kita sendiri dan kita ngerti dengan seluk beluk barang yang hendak dijual. Lalu cara menjualnya? Nah, ini pertanyaan yang sering ditanyakan juga🙂 . Paling bagus itu anda punya web sendiri. Biayanya mahal dong! Tidak juga.  Sekarang ini banyak bertebaran provider yang menyediakan layanan toko online dengan harga terjangkau, cobalah berkunjung ke sini untuk mendapatkan informasinya. Bila pun dengan harga tersebut belum bisa anda jangkau. Cobalah gunakan layanan blog. Ini adalah cara termurah untuk membuat web anda sendiri. Bisa blog gratisan atau blog berbayar (hosting).  Blognya itu sendiri harus di setup monetizing. Contohnya disini atau disini. Menarik bukan? Padahal mereka ini cuma menggunakan layanan blogger lho.

Bila pun dengan cara tersebut dirasa masih memberatkan juga atawa ribet🙂 , daftarkan saja produk anda di situs bursa dagang (online) semacam Indonetwork atau TokoBagus. Gratis. Dari pengalaman saya pribadi, Di situs bursa dagang seperti ini ternyata cukup ampuh juga untuk mempromosikan dan menjualkan produk kita sendiri. Anda hanya memerlukan sedikit setup, seperti mengisi nama produk, gambar produk, profile perusahaan, kontak perusahaan, dsb, jadi deeh! Kalau masih kesulitan juga, daftarkan saja produknya di iklan baris online😀 .

Contoh kasus diatas adalah bila anda punya produk sendiri. Kalau tidak punya produk sendiri? Jual saja produk orang lain. Bantu teman atau tetangga untuk anda pasarkan produknya secara online. Saya pernah menjualkan suatu produk food supplement milik teman saya, saya daftarkan produknya lewat situs bursa dagang, dan alhamdulillah hasilnya cukup lumayan, ada beberapa pembeli dari luar pulau Jawa yang berminat dengan produk tersebut.

Kalau pun tidak punya referensi produk teman atau kerabat untuk dipasarkan, senjata pamungkas adalah mengikuti program affiliasi (affiliate network) atau pun program PPC (pay per click). Bisa yang lokal maupun interlokal🙂 . Cara yang paling gampang untuk memasarkan produk affiliate atau PPC tersebut adalah dengan memiliki blog yang disetup monetize.  Bisa anda baca disini.  Menurut informasi yang saya dengar, bahwa ternyata real money di blog itu ada pada affiliate network.  Jadi, inilah tantangan sekaligus peluang besar bagi anda yang getol cari duit di internet dengan cara termurah dan terhemat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup diri kita, keluarga dan orang-orang disekitar kita😀 .

Bila anda memang ingin serius terjun di bisnis online, cobalah gali informasinya disini. Atau belajar  langsung dengan Pak Nukman Luthfie pakarnya online strategy atau di blog mas Ivan ini.

Itulah sekilas mengenai cara cari duit di internet dalam tahap, skala dan kapasitas saya. Semoga bermanfaat.

21 thoughts on “Bagaimana Cara Cari Duit di Internet?

  1. Pingback: Situs Iklan Baris: Pengamatan, Saran & Solusi - MangoAddict

  2. onokarsono

    @ Anang

    Traktir bakso aja ya Mas he he he. Ta’ kirim pake TIKI express, 1 hari sampai😀 .

    Baru sa’uprit mas hasilnya. Yah, mudah2 an bisa nambah lebih gede lagi.

    Sukses selalu untuk mas Anang yang sudah jadi celeb blog, trafik blognya yahud banget.

  3. mas harto

    Hello Ma karsono..
    Waduh waduh.. udah jadi oarng hebat ye… sekarang … ikutan celeb blog Downg..
    Hehehehehe….

  4. haii…salam kenal mas…saya putra masih 18 tahun…saya mau belajar sama mas karsono…saya buat blog tapi blog saya ‘hancur’ mas.saya daftarin google adsense ga bisa ambil link buat iklan coz saya pake bahasa indonesia.saya minta tolong sama mas bagaimana cara daftarin google adsense lagi dengan blog yang lama??ajarin saya mengatur blog supaya blog saya rapih n bagus mas.saya juga ingin minta ajarin posting hal yang menarik…tolong ajarin saya tentang mengatur blog.thank’s ya mas…

  5. onokarsono

    @Putra

    Untuk urusan adsense sama blog, saya bukan ahlinya mas, kita hanya bisanya jualan biasa lewat internet🙂 . Coba deh kunjungi blognya mas Cosa atau mas Agus Hery di http://edittag.blogspot.com, ada bukunya lagi.

    Makasih ya sudah mampir.

  6. cari duit lewat internet, pingin.
    gimana cara promosikan jasa akuntansi dan perpajakan ( bookeeping ) untuk area satu provinsi, dengan internet. yang efektif

  7. onokarsono

    @Wayuk

    Kalo menurut saya, untuk mempromosikan jasa akuntasi dan perpajakan bisa lewat blog, bisa lewat jejaring sosial kayak FS, FB, Hi5, dsb, bisa juga lewat iklan di media konvensional maupun iklan baris di internet.

    Mungkin bisa membantu Pak.

Comments are closed.