Bekerja Untuk Uang?

Bekerja tak kenal lelah, siang malam, tak kenal waktu, kerja keras, banting tulang. Sudahkah itu semua membuat kita berkecukupan? Belum tentu. Mungkin secara materi terpenuhi, tetapi kebahagiaan dan ketentraman sering tidak tercukupi. Kita selalu berorientasi bekerja untuk uang. Uang adalah segalanya. Tetapi Pak Kiyosaki membantah, “Uang hanyalah sebuah Ide”🙂 .

Kenapa tidak dibalik? Biarlah uang yang bekerja untuk kita? Bukan kita yang menjadi budak uang. Saya selalu tertarik dengan kalimat itu. Uang bekerja untuk kita. Bagaimana agar uang bisa bekerja untuk kita? Solusinya adalah menciptakan sebuah sistem. Membangun sebuah bisnis. Bisnis riil dan legal tentunya. Itu saja.

Tujuannya adalah agar kita berkecukupan, syukur berkelimpahan (abundance). Kecukupan materi. Kelimpahan waktu. Banyak waktu untuk keluarga. Lebih banyak waktu untuk menyalurkan hobby dan bersilaturahim, dan banyak waktu untuk menikmati hidup. Menurut saya inilah idealnya.

Ada kisah menarik tentang kesuksesan seorang tukang becak yang saya baca di sebuah majalah wirausaha. Dulu, dia hanya pengayuh becak biasa. Singkat cerita, kini, dia adalah juragan becak, dengan puluhan armada becaknya. Becak-becak itu dia sewakan. Kini, penghasilannya jauh lebih baik. Inilah yang mungkin disebut faktor kali dalam sebuah bisnis. Hikmah dari kisah ini adalah bagaimana menciptakan sebuah sistem, sehingga uang bisa bekerja untuk kita.

Mudah diucapkan, susah dipraktekkan. Prinsipnya memang harus diubah. Bukan bekerja lebih keras, tapi lebih pintar. Perlu keberanian memang. Kenapa tidak dicoba? Jangan sampai tertidur di zona nyaman kita.

Image source : www.flickr.com/photos/joyoflife/113691870/

2 thoughts on “Bekerja Untuk Uang?

  1. Jangan kerja demi uang. Kerjain apa yg kamu sukai, pasti lebih enjoy. Blog gue ditekadin untuk tanpa iklan koq🙂 Setidaknya kalo dah super rame hehehe

  2. onokarsono

    Yupss… itulah yang kita cari Mas. Dapet duit dengan enjoy😀 . Termasuk dengan pekerjaan yang kita sukai.

    Point ke-2 setuju Bozz. Cuma blog-ku sedikit2 ta pasang iklan. Walau belum rame😀 . Masih belajar Bozz. Sukses selalu ya.

Comments are closed.