Ndobozlah dengan Ngeblog

Ndobos itu anaknya Nggedheboez, beliau adalah kaisar romawi ke-79 yang hidup di abad VII sesudah Masehi. Kakeknya bernama Mitro Agustino. Seorang ndobozer yang handal atau reliable. Ha ha ha, sory anda terjebak dalam lingkaran kaisar kendhobozan.

Maaf itu hanya sekedar prolog yang tidak bermutu. Kita tahu ngeblog itu bisa memberikan manfaat positip juga efek negatif. Manfaat positip adalah untuk belajar menulis, sehingga kita bisa menulis lebih rapi, runut dan terstruktur. Manfaat kedua adalah untuk menambah jaringan pertemanan (social networking). Yang ketiga adalah bisa membuat anda jadi tersohor di dunia maya, yang keempat bisa dapet duit dari internet. Kalo masalah duit di internet, Agus Hery pasti cengengesan, maklumlah blognya sudah jadi sumber pendapatan.

Efek negatipnya adalah harus lebih banyak waktu yang disisihkan untuk nulis artikel di blog dan untuk blogwalking. Karena, ngeblog itu memang cukup menyita waktu, butuh energei ekstra dan butuh kemauan kuat untuk belajar. Di sisi lain tentu akan menambah biaya rumah tangga untuk akses internet. Jadi harus ada alasan kuat kenapa kita mesti ngeblog. Kalau alasan saya adalah untuk menambah ilmu. Jadi, pada prinsipnya untuk belajar, belajar dan belajar. Banyak pengetahuan yang bermanfaat ketika kita berkenalan dengan blog dan para blogger kondang. Kalaupun suatu saat bisa mendapatkan penghasilan, itu memang yang diharapkan😀 . Itung-itung untuk mengganti akses internet.

Sekarang, untuk membuat blog itu sangat mudah. Banyak penyedia layanan blog gratisan seperti Blogger, WordPress, Blogsome, TypePad, Live Journal, dsb. Ditambah lagi layanan lokal seperti Dagdigdug, Blogdetik, Indoweblog dan sebagainya juga. Untuk membuat blog begitu mudah, cukuplah bermodal email lalu isi form seperti username dan password, jadilah sebuah blog. Yang susah itu perkara nulis artikelnya😀 . Harus perlu banyak belajar. Tentu yang paling enak dan mudah adalah menulis pengalaman sehari-hari, karena tujuan awal blog adalah sebagai diari online, makanya dinamakan web log.

Untuk tutorial buat blog bisa disambangi blognya Budi Putra seputar tips ngeblog dan blognya Agus Hery. Disana tersedia lengkap tutorial buat blog sampai dengan tips triknya dan mempercantik blog. Jadi, kalau ingin pinter ngeblog, harus rajin-rajinlah baca blog🙂 .

Selamat ngeblog dan salam ngeblog !!!

PS : untuk teman saya Pamungkas, maap sekali tutorial buat blognya belum bisa saya penuhi. Kunjungi saja blog yang saya referensikan diatas😀 . Biar belajarnya lebih mantab dengan guru yang sudah kondang.

25 thoughts on “Ndobozlah dengan Ngeblog

  1. onokarsono

    @ Pak Yudhi
    Sama-sama Pak. Jangan2 Pak Yudhi ini malah ownernya Indoweblog ya Pak…🙂 ?

  2. No… sibuk apa no… ngurusi kaos karo merchan online ya? untuk mas yudi selamat ya dan semoga makin sukses… !! MAJU TERUS PANTANG MUNDUR….. BIARIN MAU BBM ATAU HARGA TERASI NAIK TETEP MAJU TERUS…..

  3. @Mugi
    Iya gi, lagi agak sibuk neeh. Apa malah sok sibuk ya😀 , belum bisa aktif ol di YM. Sory, RSS feed temen2 kita yang punya blog ta’ copot dulu. Soalnya isinya jarang banget diupdate😀 .

    Ok, untuk masalah angkatan kita bikin portal sendiri yang terpenting bukan masalah hosting sama beli domain thok gi. Ada hal lain yang lebih krusial, yaitu team pengisi konten tetap. Itu yang harus dipikirken masak2. Kalo tidak, nasibnya akan seperti Gombong.Com. Banyak peminatnya/kunjungannya tapi gak ada yang ngisi artikelnya. Kalo saya ngisi artikel sendiri di gombong.com waaah kewalahan gi…di gombong.com juga harus ada team yang mantaf😀 . Volunteer mungkin istilahnya. Seperti postingan saya diatas ini, yang susyah itu perkaran nulis artikelnya he he he.

    Jadi, teamnya harus solid dulu dan punya komitmen. Gitu saran saya gi.

  4. Tambahan lagi : Kalo sebatas forum, milis, atau email bisa mungkin masih bisa dihandel, karena memang pekerjaanya tidak susah, cuma ketik beberapa kata kayak nulis SMS. Tapi kalo sudah semacam web/portal itu harus lebih serieus.

    Gitu yah ..? Salam untuk teman-teman semua dimanapun anda berada.

  5. @Ono
    Itu mungkin nanti bisa di omongin no di acara reunian…. temen2 cewek kita khan bisa di ajak ikut berpartisipasi… misalkan ngasih tulisan dengan cara di imel ke agus hery atau ke kamu atau ke siapa yg ngurusin gitu no…. tinggal maunya isi portal itu seputar apa… mestinya khan harus beragam juga no karena ini khan portal rame2….pokoknya masalah Portal bisa di agendakan atau di lempar ke acara reunian….

    Artikel di update ga harus tiap hari khan no…. iya kayak gombong.com juga sayang banget…. padahal banyak banget yg bisa di gali dari kota gombong. yg mencerminkan kalo “ini lho gombong….” yg ngunjungin dah lumayan banyak lo no…

  6. onokarsono

    @Mugi
    Ok gi, nanti kita tindaklanjuti di acara reunian.

    @Ferry
    Trims fer. Amin.

    @Edi Pee.
    Biayane tukokna bakso bae😀 . Baksone pak Gondrong. Dijamin mak nyooooos.

  7. onokarsono

    @Mugi
    Di blogspot jelas bisa dipasang feedburner gi. Coba masuk ke layanan feedburner, lalu ambil kodenya, pasang di blogmu. Gampang kok gi😀 . Banyak keuntungan memang pasang feedburner.

    Sari Wardoyo sering ketemu gi, tapi no hapenya belum ta minta.

  8. onokarsono

    @Mugi
    Bocah2 lagi ngumpulin data ya? Nanti aku penutupnya aja he he he. Dapet matengnya aja 😀 .

  9. Yanuar

    Boss…

    itu yg nicknya ekarahayu..apa eka rahayu beji ruyung yaaaa..apa udu??
    yg aku tau eka rahayu yg dulu deket ama didik..
    need ur confirm

    Thnks

  10. onokarsono

    @Yanuar
    Iya, Eka Rahayu yang dulu jadi Idol …. Tapi jangan nge-gosip disini ya. Nggak baik 😀 .

  11. th 97-an pas belajar pindah dari DOS ke windows kenal panutan namanya “ono priyadi”,
    th 99-an pas mulai kenal belajar internet kenal panutan namanya “onno w purbo”,
    th 2008 surfing2 iseng…..lho….kalo ini sih wong jaman mbiyen……..
    no……..karsono………………no
    …..ya wis cuma sambang karo njajal ngundang jenenge karsono🙂

  12. onokarsono

    @Salim
    Halo Salim kepriwe kabare? Wah seneng banget bisa ketemu kowe walau via onlen. Minta YM ID-nya biar bisa cuap2. Aku sebenarnya sudah lama cari kesana kemari ID-mu di Google tapi koq gak ketemu2😀 . Sudah punya momongan belum?

    Ok Lim, maturnuwun sudah mampir. Sukses selalu ya …

  13. he…he..no tak komeni kabeh tulisanmu,o..iya aku sok tau banget ya blog kena virus…maksude men ora keton gatek brur,maklum pemula,btw tq ya,eh yan ndik wis ana sing nduwe aja diungkit ungkit ya.

  14. Mbahpaijo

    Hehehe… Saya juga sangat bersedia mengisi artikel di gombong.com
    Pak Ono, artikelnya dikirim kemana?
    Temanya apa ya.
    Saya ada usul, di gombong.com boleh dikasih artikel yg diluar gombong. Seperti tempat wisata menarik di jateng atau luar jawa. Biar teman2 kalau melintas disitu bisa singgah.
    Maturnuwun…

  15. onokarsono

    @Mbah Paijo

    Kalo ngisi artikel di Gombong.Com coba tanyaken ke mas Wahyu Purnomo. Dia itu sebagai owner situsnya dan administrator disana. Coba sampeyan ninggalin komentar di shoutboxnya atau di salah satu artikelnya.

    Sebenarnya gombong.com juga butuh kontribusi artikel dari temen2 di Gombong.

    OK, gitu dulu ya Mbah. Kalau kurang jelas bisa kontak saya via YM : onokarsono

  16. mbah paijo

    Maturnuwun pak Ono…
    Tp sepertinya gombong.com kok didominasi alumni sma 1 gmbg ya. Artikel, comment, link, berita kebanyakan soal alumni.
    Mungkin teman lain yg bukan alumni agak sungkan, tmsk saya.
    Ya nanti tak nanya sama pak wahyu pur yg baik hati.
    Btw pak ono skr berkicimpung bidang apa ya, apa IT?
    Boleh saya kontak by email pak ono yg di gombong.com?
    Salam…
    Mbah paijo
    Jl. Sempor lama
    andhy.w@gombong.com🙂

  17. onokarsono

    @Mbah Paijo

    Kebetulan yang aktif kebanyakan memang alumni SMAN Gombong Mbah, jadi sepertinya didominasi mereka. Sebenarnya tidak juga, banyak alumni SMU dan SMK lain yang meninggalkan pesan dan ingin berkontribusi juga di gombong.com

    Betul Mbah, saya bergerak di bidang tsb, spesialis di hardware. Bisa kontak saya by email di : onowae@gmail.com

    Matur nuwun nggih Mbah. Ditunggu kontribusinya.

Comments are closed.