Ketika Foto itu Bercerita

Kenangan lama pasti tidak akan terlupakan. Banyak moment indah disaat kita masih muda. Foto ini hanya sekedar untuk mengenang kembali masa-masa doeloe di kala susah dan senang saat berjoeang bersama-sama.

Ini poto waktu agresi militer Belanda ke-4. Waktu itu Belanda melanggar perjanjian lagi dengan meng-agresi kota Gombong😀 . Akhirnya para pejoeang ini bertahan di Desa Sidobunder – Puring. Poto diambil taon 1949.

Bersembunyi di rumah warga setempat. Biar kagak ketauan Belande. Bersembunyi koq tidurnya pules (he he he).

Ini poto diambil taon 60’an, sudah di alam kemerdekaan. Itu person yang terpampang diatas adalah cikal bakalnya “The Naip Band😀 ” yang motonya : “Assoy Geboy ngebut di jalanan Ibu Kota”. Dari kiri ke kanan “AkuLali”, “John Ono”, “Edi Peee”, “Bucek” alias Budi Ceking” (temennya Edi di Lampoeng).

Poto diambil taon 69. Waktu itu masih susah nyari angkutan. Jadi sering jalan kaki kalo kemana-mana. Disamping itu, memang tidak punya duit (hi hi hi). Inflasi menggila, harga BBM naik. Beras susah didapat.

Para Pejoeang sedang istirahat. Bayangkan 60km jalan kaki😀 . Tanpa bekal tanpa sangu. Menyedihkan sekali.

Foto “Narsis” para Pejoeang ketika akan kembali lagi ke Gombong. Ini pejoeang apa “Mbois Band” ya😀 ? Poto diambil awal taon 1980.

Anaknya para Pejoeang yang sudah hidup di alam kemerdekaan, keliatannya hidupnya sudah cukup makmur & sejahtera. Lha wong sudah bisa dolan-dolan😀 .

Anaknya para Pejoeang sedang setudi tur di Batavia. Itu yang diatas lagi naik pohon, anaknya moe’man sedang penthalitan. Memang bandel banget itu anak.

Reuni para Pejoeang memperingati HARPITNAS “Hari Kecepit Nasional” di tempat Kopral Aji. Sekarang sudah Mayor dia.

Maaf untuk Pejoeang lain yang belum terpampang potonya. Ini karena keterbatasan tempat dan waktu. Dan celakanya lagi memang, tukang potonya di “dor” sama tentara Jepang. Dikira mata-mata.

Walaupun suasana sedang paceklik dengan issue kenaikan BBM. Marilah kita berdoa agar duit yang dikumpulkan dari rakjat dan hasil kekayaan dalam negeri yang melimpah ruah gemah ripah loh jinawi tidak digunakan semena-mena oleh para “pamong praja”. Dari rakjat oleh rakjat untuk rakjat.

Dan selalu berdoa, agar kita diberi pemimpin yang adil, jujur, amanah, mengerti rakjat, pemimpin yang menjadi idola dan suri tauladan rakjat, dan berjoeang dengan cita-cita yang luhur dan lurus. Demi Indonesia yang berjaya. Kami pun akan selalu berdoa untuk negeri ini. Negeri ini. Negeri ini dan Negeri tertjinta ini.

Agar kelak anak cucu kami bisa menikmati perjoeangan kami ini. Sehingga apa yang kami perjoeangkan dahulu tidak sia-sia. Karena, kita ini tidak hanya hidup untuk hari ini saja. Tapi untuk kehidupan yang lebih baik di masa depan. Amin…!!!

PS : Cerita poto diatas hanyalah fiktif belaka. Jika ada kesamaan wajah, nama dan tempat itu hanya kebetulan saja. Tapi gambar poto diatas adalah realita. Dan maafkan kami para produser dan kru film bila ada kata-kata dan gambar yang tidak berkenan.

19 thoughts on “Ketika Foto itu Bercerita

  1. ra sah sedih gi…artine kan disit kamu bukan pejuang….sapa tau pahlawan, jadi dalam posisi di jakarta menjahit kain merah putih😀
    setelah ini kita berdua potonya ada ko…ya kan pak sutradara?

  2. onokarsono

    He he he. Mugi itu masuk dalam daptar yang di dor tentara Jipang. Jadi untuk mengenang jasa beliou silahkan kontak aja via YM di alam raya Jakarta😀 .

    Potone esih ana akeh janjane gi. Lha nek diposting akeh banget, ngebek2 i ruangan. Tunggu episode selanjutnya di Rambo Part II.

  3. onokarsono

    Kowe ngeh apa ora gi? Poto paling atas yang anak baju biru pegang jrigen atawa impling itu adalah hendro joyo gi. Ada cerita lucu, waktu mau sampe sidobunder, hendro minta diantar pulang ke rumah (kayak cah cie liek) dadi diguyu nang kanca2 liyane. Ha ha ha.

    Buat hendro joyo jangan tersungging. Waktu itu kayaknya kegiatan napak tilas menjelang agustusan. Yang ikut eko beye, joko katak (tapi terkenalnya hurup A nya diganti E, maap sekali lagi maap) cilaka temen le marabi bocah, aku, indra pasek (juga ada gambarnya diatas), karo hendro joyo.

  4. whuaaaaaaaaaaaa…………
    lucuuuuuuuu nan luguuuuuuuuuuuuu…….!!!
    ampun deh jadi inget jaman perjuangan dulu, kalian ceking2 amat!!!! ga terasa yah, waktu bergulir cepat sekali , dulu masih pada ingusan pake celana pendek, jelek2 pula hihihik…lah sekarang udah pada berkembang, tetep jelek2 juga sih :D…
    eniwe, pejuang perempuannya mana??? emang potoku pasti ga ada deh (sama kayak nasib mugi hikksss) tapi kan gapapa liat temen2 ce yg lain. hendra pasti seneng liat potonya wike (cuit cuittt!).
    kutunggu yah!!

  5. iya no… pejuang hendro joyo memang paling melasi banget hahahahaha… mending aku sing ketembak disit ya….. jelas mati sahid… lha hendra… mati urung siki status ora jelas hehehehehe… ndra… ndra….. di akeh2ih le dzikir ya… kekekekekeke….
    no sing foto no 2 sing njagong nang mburimu ipung ya….? sng agi ngadepi hendra sing agi njaluk balik> hehehehehe…
    foto no 4-5-6 irawan, cueng, kanthong, uut, jidong, eko rus, ono dengan style masing2… bergaya ala nyu kids on the blok kekekeke… kemutan oraaa….. kui ketone mlaku sing seko pantai ayah ya no… hehehe…. mbuh ding lali aku…. no foto no 5 sing nganggo kaso biru sing njagong nang sebelaeh kanthong sapa ya no… aku mandan kelalen….

  6. mzfaid

    Kulanuwun……, aku mbukak gambar2 kiye diwaraih nang agushery, gambarku ora ana wong pancen berjuange nang nggon liya, salam nggo kabeh sing melu berjuang

  7. onokarsono

    @ Mugi
    Iya gi, itu waktu kita jalan dari pantai Ayah kehabisan ongkos he he he. Cilaka temenan😀. Yang pake baju biru deketnya kanthong itu ndik (Didik) gi. Pangling ya?

    @ Zaeni
    Salam kanggo Zaeni. Perjuanganmu sayang tidak diteruskan ketika budidaya Jamur Tiram😀 . Kemutan ora Zen..?

  8. kemutan no… pas di critane mbien nang koe dadi mrebes mili… jan melasi tenan ya hahahaha… untuung aku ga ikut hehehehe… jadi ga pengkor kakiku…

  9. wa wah…ketone rame temen yah, ceritane jaman perjuangan maning???
    @ mug1, ora ana gambare ya gie??? apa… malah wis di dor nnang tentara jepang? deneng tragis nemen…
    @faid, apa kabar id..?

  10. @Son, wah kiyek foto2 kaya kiyek kenapa nembe metu son? Endi sing duwe liyane2 pada dikirim meng gone karsono…
    @Hendra, Ndra deneng kowe keton ala temen nang foto yah…bener jare mugi “keton paling melasi”….
    @faid, pa kabar?
    Son kuwe nang foto anak2 pejuang, sing paling kanan ngisore si mukmenn sampinge agus ireng sapa?

  11. pamungkas

    tulung kanca2… kuwe ana zaini faid ya…… nek duwe kontake … ato emaile…. soale kae dadi saksi kunci plus saksi hidup pas nang smp ndisit…..

  12. @Pam
    Kas, bukane wis tau tek kirim nang imelmu kas… ndeleng di cek imelmu… aja pit2 baen ya…. makane di cek imele.. hehehe…

  13. hendra jaya

    sori ya aku ora njaluk bali, aku tekan disit dewek malahan. nek isuke la iya, mangan saga urung mateng. wong ngelih ya enak bae, aku kon ngawa jirigen ning sing ngumbe karsono.
    @ Pam
    Jangan cari pembelaan zaini udah lupa tuh
    @ Fery & Mugi
    Itu foto terjelek yang aku punya makanya nggak aku minta.
    @ Karsono
    Fotomu kaya Mick Jakson penjaga bioskop rahayu “biyen”

  14. mugi

    @ Hendra
    Foto terjelek sing kewenangan… padahal sing liane esih akeh… hehehehehe…. Cucuiaaan Deh Looooo

    @Ono
    Tenang no… Santetku Esih Mandi…….ngko tek sembure hendra….Ora Usah Di cekeli… paling Nyebur Got… hahahahahaha….

  15. edi pee

    @hendra
    Yakin ndra, aku nek ndeleng potomu ora bisa nahan pengin ngguyu bae. Gemiyen ireng thuewex kaya kuwe, tapi nek siki wis ora ireng ya ndra??

    @mug1
    Mulane gi, nek lagi berjuang aja umpetan bae dadi isa ke shoot nang reporter

    @ono
    suwun ya no, poto ku mejeng nang blogmu. Pira biayane?? …….

Comments are closed.